Kelas X Kuliner - Materi Mikroorganisme (Pertemuan ke 3, Senin, 10 Agustus 2020)

MIKROORGANISME 


Mikroorganisme  merupakan  organisme  yang  sangat kecil biasanya bersel satu, yang tidak dapat dilihat tanpa menggunakan mikroskop.     Ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme disebut dengan istilah mikrobiologi.   Kadang-kadang organisme kecil berkelompok membentuk koloni yang dapat dilihat dengan    mata    telanjang    (tanpa    menggunakan peralatan, misalnya mikroskop), tapi pada umumnya mereka tidak bisa dilihat.  Mereka terdapat dimana-mana di sekeliling kita, maupun dalam makanan. Bentuknya yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dan dapat  berada  dimana-mana  inilah  yang  menjadi  alasan  pengolah makanan harus waspada saat mengolah dan menyajikan makanan.  

Mikroorganisme dapat menyebabkan terjadinya keracunan makanan jika ada dalam jumlah banyak dalam makanan. Mereka juga dapat merusak bahan makanan yang diawali dengan kerusakan fisik akibat benturan lalu diikuti dengan pembusukan yang disebabkan oleh mikroorganisme. Umumnya mikroorganisme tidak menguntungkan, walaupun beberapa jenis bermanfaat bagi kehidupan umat manusia.  Sebagai orang yang berhubungan dengan makanan kita perlu tahu tentang mikroorganisme, khususnya cara perkembangbiakan berbagai jenis mikroorganisme yang berhubungan dengan makanan, sehingga kita dapat memutus rantai terjadinya kerusakan dan keracunan makanan yang disebabkan oleh mikroorganisme.   


Klasifikasi mikroorganisme    

Mikroorganisme dapat diklasifikasikan berdasarkan bentuk dan perannya dalam kehidupan.  Berdasarkan bentuk dan perannya, mikroorganisme diklasifikasikan atas: 
a.  Bentuknya: 
    1)  Protozoa 
    2)  Virus 
    3)  Microscopic fungi, kapang dan ragi 
    4)  Bakteri  
b.  Peranannya dalam kehidupan manusia 
    1)   Mikroorganisme pathogens Mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit.  
    2)   Spoilage microorganisms Mikroorganisme yang dapat menyebabkan merusak penampilan         makanan dan rasa makanan. Mikroorganisme ini tumbuh dalam makanan dan menghasilkan bahan yang dapat merubah warna makanan tetapi tidak menyebabkan penyakit.  
      3)   Beneficial microorganisms Mikroorganisme yang menguntungkan manusia seperti : 
        a)    Mikroorganisme yang dapat membusukkan bahan organik, seperti membusukkan sampah yang berasal dari tumbuhan dan hewan.   Dapat kalian bayangkan jika tidak ada organisme pembusuk, maka dunia bisa penuh dengan sampah dan makhluk yang sudah mati tidak akan hancur (tetap ada seperti saat hidup). 
           b)   Mikroorganisme yang digunakan dalam pembuatan bir, anggur, keju, yoghurt dan lain-lain.               c)     Mikroorganisme yang menghasilkan antibiotik, yang banyak digunakan untuk pengobatan                       berbagai penyakit. 


Silahkan klik disini untuk mendownload materi tentang PROTOZOA dan VIRUS .


 


Silahkan pelajari video berikut ini, mengenai "APA ITU PROTOZOA

 


Silahkan pelajari video berikut ini, mengenai "APA ITU VIRUS

 


 Bacalah materi diatas, kemudian rangkum materi tersebut. 


Komentar

Postingan Populer